Recent Post

Senin, 19 November 2012

Acara Peringatan Tahun Baru Islam (1 Muharam 1434 Hijriah)

Posting ini diambil dari hasil wawancara oleh Tim AITC SMK AL HIKMA Teluknaga



Topik                          : Peringatan Tahun Baru Hijriah
Narasumber                : Bapak Suganda Indra Wijaya
TTL                            : Tangerang, 12 Oktober 1975
Alamat                        : KP. Wates, Des kp. Melayu Timur, RT 03/12,Kec Teluknaga.
Waktu                         : Pukul 15:00 Wib s/d selesai
Tempat                        : Perpustakaan SMK AL HIKMA Teluknaga

Pada awalnya ditetapkan Tahun Baru Hijriah yaitu, ketika peristiwa Hijrah, untuk mengadakan Tahun Baru di kalender islam untuk menyambut  tahun baru islam, maka pada zaman kholifah itu diusulkan beberapa peristiwa  untuk memulai tahun  baru islam. Namun yang di terima oleh sebagian besar sahabat nabi adalah ketika pristiwa hijrah. Kerena di dalam peristiwa hijrah ini banyak sekali hikmah - hikmah yang dapat kita diambil sebagai motivasi kita, sebagai generasi muslim sebagai umat islam untuk lebih meningkatkan keimanan , ketaqwaan serta perjuangan dan pengorbanan kita kepada ALLAH S.W.T.
yang melatarbelakangi mengadakannya acara tersebut adalah yang pertama dalam rangka untuk memberikan informasi kepada Siswa/I khususnya SMK AL HIKMA Teluknaga  bahwasanya ada tahun baru khusus  umat islam di tahun baru hijriah ini yang jatuh pada tanggal 1 Muharram. Yang ke dua agar supaya memotivasi para Siswa/I, para Guru, dan Warga sekitar untuk mengambil ibrah atau pelajaran dari peristiwa hijrah.itu dimana dengan peristiwa hijrah ini adalah perubahan atau informasi kearah yang lebih baik atau informasi dalam hal yang positif, sehingga warga  AL HIKMA khususnya agar semakin meningkat ketaqwaan kepada Allah S.W.T, dan diharapkan supaya warga AL HIKMA ini menjadi umat islam yang dekat dan benar-benar taat kepada ALLAH S.W.T di bawah naungan islam, kemudian juga diharapkan agar Siswa/I al-hikma ini dengan diadakannya peringatan Tahun Baru Hijriah meningkatkan dan ketaqwaannya sehingga mereka menjadi generasi-generasi muslim yang pintar, sholeh, mandiri.

Tema acara ini adalah "Peningkatan iman atau mari kita tingkatkan keimanan disetiap matahari terbit sampai matahari terbenam, untuk menuju generasi yang Pintar, Sholeh dan Mandiri".

Alasan memilih tema tersebut karena segala sesuatu ini yang berasal atau yang berawal dari keimanan, kalau iman ini sudah tertanam didalam hati para Siswa atau para umat islam lainnya, sehingga mereka dapat memotivasi untuk melakukan hal-hal yang baik, baik itu dalam sifat keduniawian, maupun ukhrowi atau keakhiratan.
Lalu yang menjadi panitia acara ini adalah salah satu dari kelompok mentoring yang ada di sekolah SMK AL HIKMA ini. Kemudian
anggaran yang dikeluarkan cukup besar juga, saya tidak sebutkan berapa nominal anggarannya, yang pasti cukup besarlah mulai dari spanduk, untuk pembicaranya atau pendakwah, konsumsi dan lain sebagainya.
Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT kemudian untuk memberikan motivasi untuk melakukan hal-hal yang baik, baik itu dalam sifat keduniawian, maupun ukhrowi atau keakhiratan.
Harapan yang ingin dicapai semoga semua siswa ini datang sehingga nanti ke depannya memudahkan kami sebagai guru untuk membina mereka agar di acara tersebut mereka bisa termotivasi untuk melakukan perubahan kearah yang positif termasuk juga akhlaknya sehingga mungkin nanti akhlaknya yang kurang baik berubah menjadi baik dan yang baik meningkat menjadi lebih baik, sehingga kami sebagai guru tidak begituh sulit untuk mengarahkan mereka ke jalan yang benar dan ke arah yang positif , karena mereka sendirilah memotifasi diri mereka sendiri untuk melakukan/kearah yang  positif .

Untuk Melihat Foto-Fotonya silahkan klik Here

0 komentar:

Posting Komentar