Recent Post

Selasa, 06 November 2012

"Tetapkan Tujuan Hidup"



Ditulis oleh: Anne Ahira

"Without goals, and plans to reach them, you are like a ship that sail with no destination" (Fritzhugh Dodson)

Itulah perumpamaan bagi orang yang tidak punya tujuan dalam hidupnya. Banyak orang melakoni perannya, tapi tidak tahu arah hidup yang ingin ditujuannya. Mereka-reka hidup adalah apa yang kemudian dilakukannya.
Bila sesuatu hal buruk terjadi, mereka akan berdalih nasib tak berpihak padanya.

Tidak jarang seseorang baru menyadari tujuan hidupnya pada usia tua. Sangat disayangkan memang.

Seringkali orang tidak berani melakukan perubahan dalam hidupnya. Dia hanya menunggu, dan menunggu adanya perubahan tersebut. hingga akhirnya tujuan hidupnya tidak tercapai!
Sebenarnya, tidak masalah jika kita harus mengubah tujuan hidup beberapa kali. Hal yg terpenting adalah setiap saat kita mempunyai tujuan hidup yang ingin dicapai.
Setidaknya kita tahu ke mana kita akan berjalan dan strategi apa yang harus diambil.

4 Cara Yang Bisa Kita Pakai Untuk Menetapkan Tujuan Hidup :
1. Apa sebenarnya keinginan Kita?

Tanyakan pada hati nurani, apa sebenarnya keinginan Kita untuk beberapa tahun ke depan? Tidak ada salahnya Kita bermimpi. Kita tidak perlu malu mengakuinya, lagipula, tokh tidak ada biaya yang harus Kita keluarkan untuk sekedar bermimpi.
2. Kumpulkan informasi.
Dengan mengumpulkan informasi, Kita bisa lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Jika ada orang lain yang sudah berhasil melakukan yang Kita inginkan, belajarlah dari mereka.
Lakukan apa yang mereka kerjakan!
3. Jangan diam.
Lakukan sesuatu dan secara terus menerus yang akan membawa Kita pada impian hidup yang diinginkan!
4. Tingkatkan kemampuan
Jika ada cara yang Kita lakukan terbukti efektif dan mendekatkan pada tujuan yang ingin dicapai, maka alangkah baiknya jika Kita berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan menambah kecepatan kinerja agar tujuan hidup Kita lebih cepat tercapai.

Jika keempat hal di atas Kita lakukan secara terus menerus tanpa lelah dan bosan, Insya-Allah Kita akan mendapatkan tujuan hidup yang diinginkan.

Kita ibaratnya adalah seorang 'pemahat' atas gambaran kehidupan Kita sendiri. Dan seorang
pemahat yang baik akan selalu memiliki 'planning' terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang
terbaik.

Dalam hal ini, Kita pun hanya bisa sebesar dan sebahagia sebagaimana tujuan yang telah Kita tentukan. Oleh sebab itu, pahatlah diri Kita sebaik-baiknya!

0 komentar:

Posting Komentar