Recent Post

Kamis, 30 Agustus 2012

6 Orang dari Kapal Pencari Suaka yang Karam di Selat Sunda Ditemukan


Jakarta Sebanyak 6 orang ditemukan menyusul karamnya sebuah kapal pencari suaka di Selat Sunda. Badan SAR Nasional (Basarnas) sudah mengetahui penemuan 6 orang yang diselamatkan kapal APL Bahrain itu. Tim Basarnas langsung mengarah ke lokasi.

"Iya sekarang kapal kita sudah mengarah ke sana," ujar Humas Basarnas, Gagah Prakosa, kepada detikcom, Kamis (30/8/2012).

Menurut Gagah, Rabu (29/8) kemarin pencarian yang dilakukan Basarnas tidak menemukan hasil. Kemungkinan para korban melesat jauh dari lokasi yang diketahui.

"Kemarin kemungkinan melesat jauh ke arah barat sekitar 30 km," kata Gagah.

Hari ini Basarnas mengirimkan 1 kapal dan 1 helikopter. Jika kurang, pihaknya akan meminta bantuan pihak lain.

Media Australia, ABC, pada Rabu kemarin melansir kapal pencari suaka karam di Selat Sunda. Kapal itu diperkirakan mengangkut 150 orang. Kapal itu berada sekitar 220 mil-laut dari Pulau Christmas. Basarnas lantas mengerahkan armada untuk melakukan pencarian, namun nihil.

Kantor berita AFP hari ini melaporkan, 6 orang diselamatkan kapal APL Bahrain setelah terombang-ambing di laut. Sedangkan posisi 144 orang pencari suaka lainnya belum diketahui.

"Kami mendapat kepastian bahwa 6 korban telah diselamatkan oleh sebuah kapal dagang," kata jubir Australian Maritime Safety Authority (AMSA).

"Tidak ada konfirmasi korban selamat lainnya sejauh ini. Orang yang mengirimkan sinyal tanda bahaya menyatakan bahwa ada 150 orang di kapal dan mereka mengalami masalah mesin," ujarnya.

Menerima sinyal bahaya itu, AMSA lantas menghubungi Basarnas. Namun pencarian Basarnas pada Rabu kemarin di Selat Sunda tidak membuahkan hasil.

Sumber : http://news.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar