Recent Post

Jumat, 31 Agustus 2012

KTT Non Blok dibuka hari ini di Iran

Teheran (ANTARA News) - Iran, Kamis ini, telah membuka tirainya untuk menyelenggarakan KTT Gerakan Non Blok yang diadakan di bawah ancaman sanksi PBB kepada negara itu berkaitan dengan program nuklirnya.
Sekjen PBB Ban Ki-moon yang berada di Teheran menjelang KTT Non Blok dengan meminta Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Mahmoud Ahmadinejad bahwa mereka memberikan langkah-langkah nyata berkaitan dengan krisis program nuklir itu.

Iran yang menegaskan program nuklirnya untuk tujuan damai memokuskan perhatiannya kepada KTT Gerakan Non Blok yang beranggotakan 120 negara di Teheran sebagai bukti bahwa isolasi Barat kepada negara itu tak mempan.

Sebanyak 36 kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara anggota GNB memastikan hadir dalam KTT itu, sementara para pejabat diplomatik sejumlah negara telah memenuhi venue KTT yang diselenggarakan di utara Teheran itu.

Menurut AFP, KTT yang berlangsung dua hari ini memiliki dua agenda utama, yaitu mengurangi kekuasaan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB, dan dukungan untuk negara Palestina.

Juga akan berisi penentangan atas sanksi Barat kepada Iran dan sejumlah negara GNB seperti Kuba, Korea Utara, Suriah dan Zimbabwe, serta menggarisbawahi hak semua negara untuk mengembangkan energi nuklir untuk tujuan damai.

Khamenei akan membuka KTT Kamis ini serta akan diwarnai oleh kunjungan bersejarah Presiden baru Mesir Mohamed Morsi ke Iran.  Ini adalah pertama kalinya pemimpin Mesir mengunjungi Iran semenjak Revolusi Islam Iran pada 1979.

Khamenei menyerang balik PBB dengan mengatakan lembaga ini telah dibajak Amerika Serikat dan lembaga watchdog PBB telah menyabotase kemajuan program nuklir Iran.

Teheran juga menuduh Amerika Serikat, Turki, Saudi Arabia dan Qatar berada di belakang pemberontakan bersenjata di Suriah, sebaliknya AS dan pihak perlawanan Suriah menuduh Irah menyuplai senjata dan tentara kepada pemerintah Mesir, demikian AFP.
Sember : http://www.analisadaily.com

0 komentar:

Posting Komentar